9 Tips Membuat Brosur Makanan yang Menarik.
Bagaimana brosur dapat membantu strategi pemasaran bisnis tempat makan Anda? Kuncinya terletak pada informasi yang disampaikan harus jelas, informatif, dan ditulis untuk keperluan apa yang harus diketahui oleh calon konsumen.
Untuk membantu Anda memahami hal tersebut, kami memberikan ulasan menarik yang membahas tentang tips membaut brosur makanan yang menjual. Simak ulasannya berikut ini.
Tips Membuat Brosur Makanan untuk Menarik Perhatian Pelanggan
1. Ketahui terlebih dahulu siapa target market Anda
Sudah menjadi kewajiban seorang owner, atau marketer untuk memahami terlebih dahulu siapa target market yang akan dijadikan sebagai umpan atau calon konsumen pada produk yang akan ditawarkanJelas akan menjadi sangat buruk strategi pemasaran yang akan Anda lakukan menggunakan brosur jika informasi yang dicantumkan tidak tepat pada sasaran.
Bagaimana contoh pemasaran melalui brosur makanan yang tidak tepat?
Sebelum dibuka, sebuah bisnis kuliner pasti sudah tahu siapa pasar yang akan dibidik. Jika ternyata targetnya adalah anak muda, maka sudah dapat dipastikan brosur yang akan Anda buat tidak boleh dengan gaya yang terlalu tua dan ribet.
Buatlah anak muda (yang menjadi target market) Anda tersebut merasakan bahwa di dalam brosur tersebut terdapat makanan yang bisa menyanyikan mereka bahwa "ini makanan gue banget nih!"
2. Selalu menggunakan judul yang menarik
Siapa yang sekarang tidak tahu kekuatan sebuah judul? Bahkan, akibat judul yang sangat menarik, banyak berita orang-orang yang termakan dengan click bait.
Inilah yang harus Anda lakukan.
Buatlah judul yang sangat menarik - bahkan bombastis, yang diusahakan memiliki pengaruh terhadap emosional seseorang sehingga tertarik dengan brosur yang Anda taruh di suatu tempat.
Biasanya judul yang menarik dibuat dengan teknik mengambil permasalahan yang sering dialami seseorang, dimana solusi dari permasalahan tersebut adalah produk yang Anda tawarkan. Beberapa contoh judul yang menarik tersebut adalah seperti berikut ini:
- Berat Badan Stabil, Makan Tetap Enak!
- Bosan Sama Kerjaan Kantor? Dinginkan dengan Ini!
- Bosan Ayam Crispy? Cobain yang Empuk Nih!
3. Gunakan foto makanan utama
Senjata utama Anda untuk membuat brosur yang menarik adalah dengan menggunakan foto makanan utama yang nyata, tidak pecah, dan difoto secara professional.
Jangan sampai, foto makanan utama tersebut justru membuat orang-orang pergi menjauh karena tidak jelas, terlihat pucat, blur, dan yang lainnya.
4. Gunakan warna yang menggugah selera makan
Warna merah adalah warna yang terbukti ampuh untuk mempengaruhi selera makan orang.
Setelah merah, urutan warna lainnya adalah sebagai berikut:
- Jingga
- Kuning
- Hijau
- Biru
- Ungu
- Coklat
5. Singkat, Padat dan Jelas
Setelah Anda mengetahui seluruh elemen yang akan digambarkan di dalam brosur, kini saatnya Anda mengatur pesan promosi yang akan disampaikan.Sangat disarankan untuk selalu membuat pesan promosi yang tidak ribet dan terlalu banyak teks-nya. Apalagi, produk yang akan Anda tawarkan adalah makanan, sebuah produk yang lebih banyak memainkan foto agar konsumen tertarik
Buatlah poin-poin penting dari pesan yang ingin Anda sampaikan di dalam brosur makanan. Karena, konsumen yang Anda targetkan tersebut sudah mengetahui solusi apa yang ditawarkan melalui judul, variasi makanannya seperti apa melalui foto makanan utama
Jangan buat mereka membaca terlalu banyak teks yang sebenarnya tidak penting. Karena, saat semua orang sudah tertarik dengan brosur makanan yang Anda buat. Tujuan utama yang paling penting adalah membuat mereka melihat harga dan merasa tertarik sehingga membeli makanan yang Anda tawarkan dalam brosur tersebut.
6. Gunakan benefits jika konsumen membeli makanan tersebut
Jika bingung tentang apa yang ingin dituliskan di dalam brosur makanan yang akan dibuat, maka buatlah terlebih dahulu daftar keuntungan yang akan didapatkan oleh konsumen jika mereka membeli makanan tersebut.
Seperti apa contoh benefit tersebut? Contoh benefits dalam brosur makanan dapat Anda lihat di dalam daftar berikut ini:
- Pedasnya Bikin Stres Ilang.
- Seteguk Kopinya Bikin Ngantuk Ilang.
- 'Mengunyah' Permen ini Dapat Melancarkan Pikiran.
7. Atur konten pada layout yang menarik
Kunci dari keberhasilan strategi pemasaran melalui brosur juga ditentukan dari desain layout yang digunakan. Semakin simpel, rapih dan jelas layout tersebut, semakin tinggi nilai konversi sales yang terjadi.Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk tetap memperhatikan hal-hal teknis seperti ini. Adapun beberapa layout yang dapat Anda gunakan adalah sebagai berikut.
- Gaya teks
- Poin penting
- Ukuran teks
- Boks teks
8. Cantumkan harga
Sejauh ini, belum ada teori yang menyatakan bahwa dengan tidak mencamtukan harga, calon konsumen tidak akan tertarik dengan makanan Anda. Namun, coba Anda bayangkan sendiri sebagai calon pembeli yang memiliki uang pas melihat ada brosur makanan yang sangat enak. Tapi, Anda khawatir uang yang dibawa tidak cukup untuk membayarnya.Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk tetap mencantumkan harga makanan yang sedang Anda promosikan tersebut. Lagipula, jika merasa harga makanan tersebut terlalu mahal, Anda dapat bermain harga dengan mencoret harga yang diatasnya, kemudian digantikan dengan harga yang lebih murah padahal Anda tidak mengurangi harganya.
9. Gunakan brosur lipat
Ada beberapa jenis brosur yang digunakan sebagai material marketing, salah satu yang paling efektif adalah brosur lipat. Karena, dengan menggunakan brosur lipat, Anda dapat memaksimalkan seluruh layout untuk dijadikan sebagai tempat Anda menyisipkan konten promosi dengan baik, terutama di bagian cover dan belakang yang paling sering dilihat oleh orang.sumber: https://printyuk.com/id/blog/154_contoh-brosur-makanan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar